26 Juni 2011

Opini

Opini dari bahasa Inggris: Opinion : adalah pendapat, ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi akan tetapi bersifat tidak objektif karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian, dapat pula merupakan sebuah pernyataan tentang sesuatu yang berlaku di masa depan dan kebenaran atau kesalahannya serta tidak dapat langsung ditentukan misalnya menurut pembuktian melalui induksi.

Opini bukanlah merupakan sebuah fakta akan tetapi jika dikemudian hari dapat dibuktikan atau diverifikasi maka opini akan berubah menjadi sebuah kenyataan atau fakta.

Istilah Opini Publik secara utuh diserap dari bahasa inggris : public opinion, yang kemudian disesuaikan dengan kaidah bahasa Indonesia. Terdiri dari dua kata yakni opini dan publik..Opinion  yang berarti pendapat, demikian publik yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia mengandung beberapa pengertian tergantung konteks kata yang mengiringinya..misal public relations-hubungan masyarakat, public adminisrations-administrasi negara, public opinion- pendapat umum atau opini publik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon daftarkan diri anda:

Pulau Seram, Maluku