18 Juli 2011

4 tipe rekan kerja yang menyebalkan

Melakukan interaksi dengan semua rekan kerja mutlak diperlukan, baik untuk rasa nyaman di kantor atau dalam rangka meningkatkan kinerja tim work, tetapi terkadang kita sering menemui type rekan kerja  sehari-hari di kantor yang prilakunya menyebalkan. Untuk menghadapi rekan kerja yang demikian perlu diketahui jenis rekan kerja yang sebaiknya dihindari serta tips  untuk menghadapi mereka :

1. Teman Yang Bermuka Dua 
Menghadapi type rekan kerja yang seperti ini, berhati-hatilah, sebaiknya bicara seperlunya saja, atau kalau bicarapun yang seperlunya saja.
Type teman seperti ini senang memakai nama orang lain dalam membicarakan kejelekan orang dan membicarakan anda di belakang. Sering sikap serta kata-katanya manis, sehingga terkadang kita lupa dan merasa dia merupakan sahabat yang bisa dipercaya padahal disaat anda tidak ada, dia akan membicarakan anda kepada rekan-rekan kerja yang lain. Oleh karena itu bila dia mendekati anda untuk mulai bergosip, sebaiknya sambil tersenyum anda berpura-pura lakukan pekerjaan yang intinya menunjukan ahwa anda sedang sibuk. Dengan seringnya sikap yang anda tunjukan tersebut, percayalah dia tidak tertarik untuk mendekati lagi karena dia memerlukan seseorang yang tertarik dengan ceritanya, seseorang yang memberikan respons yang antusias. Oleh karena itu jangan perlihatkan sikap antusias atau tertarik dengan apa yang diceritakannya kepada anda. Bila terjebak dalam kondisi yang mengharuskan bersamanya dalam waktu tertentu misalnya dalam satu kendaraan, lift dan lainnya usahakan bersikap yang baik saja dan jangan terpancing dengan setiap omongannya.

2. Teman Yang Berpikiran Negatif  
Teman dengan type seperti ini biasanya apapun gagasan/ide yang kita miliki akan dicela olehnya dan dengan senang hati akan disampaikannya kepada atasan. Biasanya rekan kerja yang berpandangan negatif  sjarang sekali bahkan sama sekali tidak memiliki ide-ide cemerlang karenanya, gar dapat ikut serta di dalam pembicaraan, dia melecehkan pendapat orang lain.  Bila anda memperoleh reward akhir tahun, dia akan memperbincangkannya. Anda tidak perlu berargumentasi dengannya karena akan membahayakan diri anda. Usahakan tidak memberi kesempatan padanya untuk menemukan kekurangan yang ada pada anda miliki serta berusaha dapat mengatasi dan mengimbanginya dengan solusi yang positif.

3. Teman Yang Suka Memanfaatkan  
Ini berbeda dengan rekan kerja yang berpikiran negatif, rekan kerja yang sifatnya pemanfaat biasanya akan memanfaatkan gagasan/ide cemerlang kita yang kemudian dimanfaatkan.

Mendapatkan bantuan dari rekan sekerja tampaknya menyenangkan tapi harus berhati-hati. Bila tidak keberatan untuk dibantu olehnya anda dapat berubah dari orang yang bertanggung jawab atas proyek yang anda lakukan menjadi orang yang terbingung-bingung karena ide anda diambil olehnya.

Type rekan kerja yang demikian tidak dapat menahan dirinya dan selalu ingin terlibat dalam setiap pekerjaan yang dilakukan oleh rekan sekerja lainnya. Ada dua bahaya bila anda membiarkannya ikut terlibat dengan proyek yang anda lakukan: pertama, resiko melihat ide anda berubah seratus persen. dan kedua, melalui akal bulusnya akan tampak seolah-olah bukan anda yang mengerjakan proyek tersebbut.

Satu-satunya cara dalam menjawab tawaran bantuan darinya adalah dengan mengatakan, “terima kasih, saya dapat mengerjakannya sendiri.” Dan tidak peduli seberapa menggoda tawarannya, anda harus kuat. karena bantuan yang ditawarkannya dapat membahayakan reputasi anda.

4. Rekan Sekerja Yang Posesif  
Rekan kerja seperti ini sangat licik karena dia tidak menyabotase ide anda bahkan tidak menyusun siasat ataupun memanipulasi sesuatu hal. Dia hanya menyukai anda. 
Mengapa teman seperti ini berbahaya..?

Memang menyenangkan bila kita memiliki teman yang menyukai kita namun sebaiknya  berhati-hati dan tidak terlalu dekat dengan type rekan yang seperti ini karena dia selalu ingin bersama-sama kemanapun anda pergi baik untuk makan siang ataupun untuk berbelanja sesudah pulang kantor dan berakhir pekan.

Bila anda menikmati kebersamaan dengannya tidak masalah akan tetapi masalahnya bila dia sudah begitu lengket kemudian tiba-tiba keadaan berubah, misalnya anda mendapatkan kekasih, dia akan sangat cemburu dan tidak dapat menerima perubahan tersebut begitu saja. Bagaimana mungkin setiap hari anda dapat menghindari pandangan matanya yang penuh kemarahan padahal mejanya tepat berada di sebelah meja kerja..?
Demikian 4 type rekan kerja yang merupakan sebagian kecil dari sekian banyak type rekan kerja yang dapat dijumpai di tempat kerja, yang perlu diingat hanyalah menyadari bagaimana rekan sekerja dapat memanfaatkan anda dan bagaimana rekan sekerja yang lain dapat mempersulit hidup anda sekaligus mengetahui bagaimana menghadapi mereka. Kuncinya adalah kuat, selalu peka dan waspada...... 
Sumber: @iniunik.web.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon daftarkan diri anda:

Pulau Seram, Maluku